Ikatan Alumni

Wadah forum komunikasi untuk alumni, yaitu Ikatan Keluarga Alumni (IKA) anggotanya adalah seluruh alumni Jurusan di lingkungan Fakultas yang sekaligus juga sebagai keluarga IKA Jurusan Undiksha yang anggotanya adalah alumni yang berasal dari seluruh fakultas yang ada di Undiksha. Perkumpulan informal di setiap angkatan ternyata sangat erat, terutama dengan berbagai media sosial melalui jaringan internet yang ada sekarang.

Lulusan atau alumni diwajibkan untuk menjadi anggota Himpunan alumni Undiksha yang bernama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Undiksha yang susunan personalia kepengurusanannya ditetapkan berdasarkan SK Rektor Undiksha. Aktivitas yang dilaksanakan, yaitu sumbangan fasilitas, masukan untuk perbaikan proses pembelajaran, dan  pengembangan jejaring.

  • Sumbangan Fasilitas

Alumni program studi dibawah Fakultas bernaung di bawah Ikatan Alumni Program Studi Undiksha, selain itu masing-masing alumni memiliki ikatakan alumni tersendiri. Sampai saat ini, peran yang diberikan oleh ikatan alumni ini terkait sumbangan fasilitas berupa sumbangan buku-buku.

  • Masukan untuk perbaikan proses pembelajaran

Ikatan alumni memberikan masukan untuk perbaikan proses pembelajaran, seperti pemberian feedback terhadap tugas-tugas yang dikerjakan mahasiswa, penggunaan pembelajaran berbasis projek, penggunaan media interaktif, penggunaan referensi yang memadai, serta pemanfaatan media sosial dalam proses pembelajaran. Masukan ini di dapatkan melalui penyebaran kuisioner kepada alumni.

  • Pengembangan jejaring

Pengembangan jejaring alumni dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas IT yang ada di UPT TIK Undiksha. Pengembangan jejaring ditujukan untuk menelusuri alumni. Melalui ikatan alumni, program studi juga mengembangkan jejaring baik dalam rangka kerjasama penelitian dan pengabdian antara prodi dan alumni, maupun pertukaran informasi penting lainnya. Di samping itu, prodi untuk pengembangan jejajarin komunikasi antar alumni dan antara alumni dan prodi berupa pembentukan group WA. Wadah komunikasi online (media social) ini diharapkan mampu menjalin komunikasi antar Alumni dan antara Alumni dan Prodi untuk saling berbagi ilmu, perkembangan kurikulum, strategi pembelajaran, penelitian, dan lowongan pekerjaan.

 

Pin It on Pinterest

Shares
Share This